Dua Ribu Lebih Peserta Mengikuti Bike To School Bangka Bermartabat




 
 Sungailiat (BN Blog). Kegiatan mengkampanyekan kepada para pelajar agar menggunakan sepeda ke sekolah yakni Buke To School diselenggarkan bekerjasama anatara Polres Bangka dan Pemerintah Kabupaten Bangka Minggu (4/5) di Sungailiat.  Bike To Scool Bangka Bermartabat mengambil start dan finish di Jalan Ahmad Yani Sungailiat, depan masjid Agung dan Hutan Wisata. Ketua Panitia Pelaksanaan Drs. Arman yang juga Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan mengatakan, Bike To School diikuti 1794 orang peserta siswa SD, MI,  SMP. MTs, SMA, MA, SMK utusan 8 kecamatan di Kabupaten Bangka dan perguruan tinggi serta 560 orang peserta dari kelompok umum. Rute yang dilalui meliputi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Imam Bontol, Jalan Batin Tikal, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Ahmad Yani dan kembali di depan Hutan Wisata Sungailiat dengan jarak sekitar 10 km.
Sebelum menempuh rute Bike To School para peserta melalui perwakilan Mahasiswa, pelajar SD, SMP dan  SMA menyampaikan ikrar diantaranya bersedia menjadi teladan  dalam mematuhi peraturan berlalulintass dimanapun berada, besedia dan berjanji  untuk selalu mematuhi menciptakan keamanan,  ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalulintas, bersedia dan patuh  untuk tidak menggunakjan sarana kendaraan bermotor dalam aktifitas belajar mengajar, dan bersedia menggunakan sepeda dayung setiap hari Jumat sebagai sarana pengganti kendaraan bermotor.
Kesmepatan itu dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara Polres Bangka dan Pemerintah Kabupaten Bangka terkait dengan program Bike To School yang ditandatangani Kapolres Bangka AKBP I Bagus Ray Erliyanto dan Bupati Bangka Ir. Tarmizi Saat MM.
Sementara itu Kapolres Bangka AKBP I Bagus Ray Erlianto mengatakan, dilaksanakannya Bike To School menyikapi angka kecelakaan lalulintas cukup tinggi.
” Telah banyak korban sia – sia yang meninggal dunia, cacat dan luka berat karena kecelakaan  lalulintas, terlebih lagi justru korban  para pelajar yang merupakan  generasi muda,” ungkap Kapolres.
Menurut Kapolres Bangka, dalam mengendarai kendarai  bermotor tidak hanya bisa mengemudi namun juga dapat mengendalikan diri, karenanya bersepeda ke sokolah selain dapat mengurangi polusi udara, juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
Sedangkan Bupati Bangka Ir.  Tarmizi H. Saat MM menilai Bike to School sebagai salah satu upaya untuk menciptakan generasi emas Indoensia di Kabupaten Bangka. Kegiatan serupa dikatakan Bupati, dapat dilaksanakan 3 atau 4 kali dalam setahun. Bupati Bangka mengarapkan kegiatan Bike To School  bejerjasama antara Polres Bangka dan Pemerintah Kabupaten Bangka  para siswa dapat ke sekolah menggunakan sepeda, serta dapat meningkatkan disiplin dan meningkat kesehatan para siswa. Ribuan peserta Bike To School di lepas dengan pengibaran bendera Start oleh Wakil Bupati Bangka Drs. Rustamsyah dan ditandai dengan pelepasan balon yang dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Sungailiat Hartawi. Para peserta melalui rute yang sudah ditentukan termasuk turut serta mengayuh sepeda Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Kapolres Bangka, Kejari Sungailiat, Plt Sekda Bangka Asmawi Ali, kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka dan sejumlah komunitas bersepeda di Kabupaten Bangka.
Setelah menempuh perjalanan selama sekitar 20 menit para peserta Bike To School tiba di Finish, yang dilanjutkan dengan penyerahan piagam rekor MURI atas capaian peserta bersepeda terbanyak yang dilakukan para pelajar melalui Bike To School. Piagam dari Musium Rekor Indonesia (MURI) diserahkan Kapolres Bangka I Bagus Ray kepada Bupati Bangka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka dan Kasatlantas Polres Bangka. Dipenghujung acara dilakukan penarikan hadiah untuk para peserta Bike To School, diantaranya pihak penyelenggarakan menyediakan 10 unit sepeda dan puluhan hadiah hiburan lainnya.(Rustian)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU