WABUP RUSTAMSYAH BUKA KEMAH HIJAU "SAHABAT BUMI"





Wakil Bupati Bangka Rustamsyah membuka Kemah Hijau "Sahabat Bumi" Minggu (7/2) di Kebun Botani Atok Man Pusat Konservasi Tumbuhan Bangka Belitung di dusun Sawah, desa Petaling Banjar, kecamatan Mendo Barat. 

Kemah Hijau "Sahabat Bumi" digelar  dalam rangka peringatan hari sejuta pohon dan peringatan hari peduli sampah Nasional yang jatuh pada bulan Januari dan Februari  2016. Diselenggarakan Bangka Flora Society ( BFS )  bersama beberapa sekolah Adiwiyata di kebun Atok Man yang memiliki 60 spesies anggrek asli Bangka. 

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan, pemkab Bangka mengapresasi kegiatan yang diprakarsai penggiat lingkungan untuk menyelamatkan lingkungan.

"Kita besyukur di Bangka udaranya masih segar tidak mengalami polusi" kata Rustamsyah dihadapan peserta Kemah Hijau "Sahabat Bumi". 

Menurut Wabup,  merupakan kewajiban manusia melestarikan dan memperbanyak sumber hayati yang ada dilingkungan kita. Rusaknya lingkungan adalah perbuatan manusia sendiri, yang tidak memikirkan kelanjutan kehidupan dimasa yang akan datang.

" Dengan menghormati dan menghargai lingkungan kita tidak akan merusaknya," ujar Rustamsyah. 

Diharapkan kemah hijau  akan menambah wawasan peserta tentang tumbuhan khas daerah Bangka karena baik atau tidaknya kondisi bumi ini tergantung dengan manusia yang menempati bumi ini. 

 "Membiasakan melakukan penghijauan dapat dimulai  dilingkungan rumah tangga, untuk itu sebutan Indonesia bagai zamrut katulistiwa jangan hanya selogan, namun dapat kita pertahankan dengan menjaga kelestarian lingkungan," tambah Wabup.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Kemah Hijau Dian Rosana Anggraini menjelaskan, tujuan kemah hijau  untuk menanamkan nilai sosial dan kepedulian sejak usia dini terhadap lingkungan. 

Diikuti utusan siswa dari 17 Sekolah Dasar, SMP dan SMA/SMK dari Pangkalpinang, kabupaten Bangka dan Bangka Barat dengan 250 siswa dan 40 guru pendamping. Kemah hijau berlangsung 8 dan 9 Januari 2016. Para peserta menerima pembekalan dari ceramah yang disampaikan kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) kabupaten Bangka Adi Prurwanto serta pembicara dari Universitas Bangka Belitung ( UBB ) dan  praktisi BSF. 

Sedangkan Ketua BFS, Else Lestari Taufik Rani menjelaskan. Kegiatan positif kemah hijau diharapkan memberikan pencerahan, agar para peserta dapat melestarikan flora Bangka Belitung yang mulai memprihatikan.

"Melestarikan folra bukan hanya tanggungjawab pemerintah namun juga tanggungjawab bersama," pungkas Else.

Kesempatan tersebut disampaikan deklarasi siswa sekolah alam Sahabat Bumi oleh peserta kemah hijau, dilanjutkan  penyemaian bibit pohon petaling yang dilakukan Wabup Rustamsyah. Istri wakil Bupati Ny. Suryani Rustamsyah  dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Arman.

Dilanjutkan penyerahan sertifikat kader hijau oleh kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Asep Setiawan, sertifikat  konserfasi flora Bangka diserahkan oleh Ny. Suryani Rustamsyah dan sertifikat cinta lingkungan diserahkan kepala dinas kehutanan dan perkebunan kabupaten Bangka suhodo yang diterima perwakilan peserta kemah hijau “Sahabat Bumi.”

Kepala Bagian Humas, PDE dan Santel Boyandra mengatakan, kegiatan kemah hijau sangat positif bagi para siswa, terutama untuk menanamkan sejak dini rasa cinta lingkungan.

“ Bentuk edukasi lingkungan kepada para siswa nanti juga dapat dilakukan di Hutan Raya Dalil, yang baru akan dicanangkan mulai pembangunan pada 10 Februari 2016,” ujar Boy Yandra.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU