Perjalanan ke Gua Hira

Gua Hira, merupakan gua kecil yang terletak dipuncak Jabal Nur diziarahi para jemaah calon haji dari sejumlah negara yang sudah tiba saat ini di Tanah Suci Mekkah. Jabal Nur berada sekitar 6 km sebelah utara kota Mekkah. Tempat bersejarah bagi ummat Islam yakni Rosullullah SAW menerima wahyu pertama dari Allah. Penulis melakukan Pendakian Minggu pagi bersama anggota panitia haji Indonesia lainnya mulai pukul 8 Waktu Mekah, tiba sekitar pukul 08.45. Pendakian sekitar 40 menit itu melewati batu terjadal berliku dengan kecuraman dinding sekitar 70 derajat. Disepanjang perjalan dapat ditemui pengemis, serta mereka yang meminta sedekah dengan alasan pembuatan anak tangga menuju puncak Jabal Nur. Setiba di depan Gua Hira sejumlah peziarah dari Pakistan berada di mulut gua dengan bersalawat. Salah seorang warga Indonesia yang bermukim di Jeddah yang turut dalam pendakian Jabal Nur Johan mengatakan, untuk pertama kali menginjakkan kaki di puncak Jabal Nur. Untuk mendaki Jabal Nur diperlukan keyakinan dan kebulatan tekad dapat mencapai ke puncaknya yang tinggi. Untuk melihat tempat nabi Muhammad SAW sering berkhalwat yakni mengasingkan diri dari keramaian.Sementara itu turun dari Jabal Nur memeakan waktu sekitar 25 menit, untuk selanjutnya tiba di kaki Jabal Nur yang terdapat rumah penduduk. Disamping warung - warung yang menjual berbagai Cendramata, makanan dan minuman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU