BUPATI BANGKA : MASYARAKAT PETALING HARUS AKUR


Petaling (BN),Demi kepentingan umum dan masyarakat, masyarakat Petaling dan Petaling Banjar harus kompak dan saling bersinergi sehingga pembangunan di desa dapat berjalan.
"Masyarakat harus kompak dan akur, seperti pembangunan Masjid Istiqomah yang sedang dibangun dan menjadi icon Kecamatan Mendobarat," ungkap bupati ketika melantik dan mengambil sumpah jabatan Rudi Karmidi yang terpilih kembali sebagai Kepala Desa (kades) Petaling masa bhakti 2014-2020 di Gedung Kapten Munzir Kecamatan Mendobarat. Dikatakannya, kepala desa juga harus bisa mengayomi dan menjadi panutan di desa.
"Kades harus menjadi motor penggerak bagi desa dan bisa menggali potensi desa untuk pemberdayaan masyarakatnya baik di kalangan pemuda, ibu-ibu dan elemen masyarakat lainnya. Untuk pkk, tahun 2015 nanti ada anggaran Rp 10 juta untuk kegiatan PKK seperti pembuatan kerajinan tempat makan dan sebagainya. Begitu juga dengan dharma wanita," ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskan bupati, kepala desa juga harus mengetahui hak asal usul desa.
"Tugas pertama, kades harus mengetahui peraturan desa, selanjut pemberdayaan, menggali potensi dan kekayaan desa serta mensinergikan masyarakatnya sehingga terwujud situasi yang aman, kondusif dan damai," ungkapnya sambil mengharapkan keaktifan warga dalam pemilu mendatang untuk mencoblos wakil rakyat dan presiden. Menurutnya, dewasa ini, kekompakan dan kerja sama yang solid merupakan kunci sukses dalam meraih keberhasilan.
"Kades dab BPD harus akur dan kompak. Kades bersifat netral dalam pemilu, BPD jangan main proyek. Semua ada sanksi jika terbukti melanggar," pesan bupati lagi.
Untuk itu kedepan kades maupun aparat desa yang lain, harus bisa memahami dan mengubah paradigma berpikir dalam mengemban amanah rakyat.
"Tolong para sesepuh, tokoh agama, masyarakat, saya titip Rudi ini, beri petuah dan arahan sehingga dalam memimpin akan lebih baik kedepannya," tutup mantan sekda Bangka ini.
Dalam kesempatan tersebut dilakukan juga pelantikan Ketua PKK Desa Petaling dan pemberian buku untuk perpustakaan desa sumbangan dari berbagai pihak.
Tampak hadir para tokoh agama, pemuda, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Bangka, unsur muspika, para kades se-kecamatan Mendobarat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, para caleg, dan tamu undangan lainnya. (Lutfi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU