PEMKAB BANGKA GANDENG LIPI BANGUN KEBUN RAYA DALIL





Pemerintah Kabupaten Bangka menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangan berbagai bidang dan program pembangunan di kabupaten Bangka, diantaranya membangun Hutan Raya Dalil menjadi Kebun Raya Dalil. 

Untuk itu Bupati Bangka Tarmizi Saat bersama kepala SKPD terkait diantaranya kepala dinas pertanian dan peternakan Kemas Arfani, kepala dinas kelautan dan perikanan Ahmad Safran, kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Teddy Sudarsono, kepala dinas kehutanan dan perkebunan Suhodo, kepala bagian humas, PDE dan Santel Boy Yandra, kabag rumah tangga dan protokol M. Yunus melakukan kunjungan ke LIPI, Senin (26/1) di Jakarta.

Kedatangan Bupati Bangka dan rombongan diterima kepala LIPI Prof. DR. Ir. Iskandar Zulkarnaen beserta jajaran. Kesempatan pertemuan dengan jajaran LIPI, Bupati Bangka Tarmizi Saat  menyampaikan keinginan membangun kebun raya Dalil di kecamatan Bakam. Hutan Raya Dalil yang memeliki luas 55,7 ha dengan kondidi hutan yang masih asri dijaga keberadaannya oleh masyarakat setempat.

Menurut Bupati Tarmizi Saat,  tahun 2004 sempat hutan tersebut mau diambil pengusaha perkebunan kelapa sawit untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit, tapi ditolak masyarakat.

” Masyarakat yang minta hutan di desa Dalil dijadikan hutan raya, hingga saat ini di Bangka Belitung belum memeliki hutan raya" ujar Tarmizi.

Disamping itu Bupati Bangka dihadapan jajaran LIPI menyampaikan upaya Pemkab Bangka mengembangkan ubi Kasesa, penanaman lada dan bidang lainnya.
Sementara itu ketua LIPI Prof. Iskandar Zulkarnaen menanggapi keingan Pemkab Bangka membangun kebun raya Dalil, minta kepada Pemkab Bangka sebelum membangun kebun raya, Pemkab Bangka agar membuat master plan kebun raya Dalil.

" Harus punya master plan baru dibangun kebun raya," ujar Iskandar.

Dijelaskan kepala LIPI Iskandar, keberadaan kebun raya meiliki fungsi edukasi, wisata, penelitian, rekreasi, konserpasi, jasa lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Kepala LIPI, masyarakat yang mendukung dengan turut menjaga hutan yang ada di desa Dalil merupakan kondisi yang baik yang akan menjaga kelestarian hutan.

Jajaran pemerintah kabupaten Bangka dalam pertemuan dengan jajaran LIPI mendapatkan penjelasan dari para Deputi dan Satker dilingkungan LIPI tentang berbagai bidang diantaranya pertanian, investasi, kelautan dan  peternakan.
Sedangkan penandangan MOU antara Pemerintah Kabupaten Bangka dan LIPI akan dilakukan 10 Februari 2016 di hutan raya Dalil sebagai tanda dimulainya kerjasama membangun hutan raya Dalil. Selain itu LIPI juga sudah pernah menjalin kerjasama dengan Pemkab Bangka diantaranya dalam pelaksanaan Kemah Ilmiah Remaja Nasional tahun 2010 di Pemali.

Kepala Bagian Humas, PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra mengatakan, pada saat penantangan MOU dengan LIPI di hutan Raya Dalil akan dikemas dengan nuansa tradisi kabupaten Bangka, diantaranya menggelar adat Nganggung.

” Nanti akan disajikan berbagai kuliner asli kabupaten Bangka bagi para tamu yang hadir,” tambah Boy.

Diharapkan dengan terwujudnya hutan raya Dalil menjadi Kebun Raya Dalil nanti, semoga akan menjadi kebanggaan masyarakat Bangka Belitung dan ikon pariwisata kabupaten Bangka.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU