BUPATI BANGKA PANEN PADI DI DUSUN BALAU

Bupati Bangka Tarmizi Saat melakukan panen raya padi ladang di dusun Balau, desa Labu Air Pandan kecamatan Mendi Barat, Kamis (21/1).

Lahan padi ladang yang di panen seluas 325,5 ha yang dikelola 190 pelaku usaha yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tiga Serangkai.

Menurut Kepala Desa Labu Air Pandan Badarudin, panen padi hume atau padi ladang sudah menjadi tradisi setiap tahun masyarakat. Produksi padi dusun Balau dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan sebagian dapat dijual ke luar desa Labu Air Pandan. 

Seemtara itu Sekretaris Gapoktan Tiga Serangkai Eddy Subiantoto mengatakan, kendala yang dihadapi para petani dusun Balau yakni permasalahan status tanah saat ini 90 persen merupakan kawasan Hutan Produksi dan sebagian hutan lindung.

" Kami minta pak Bupati bisa membantu para petani untuk kejelasan status tanah perkebunan, " ujar Eddy.

Menanggapi keluhan petani, Bupati Bangka Tarmizi Saat dihadapan warga dusun Balau di masjid Nurul Huda mengatakan, akan diupayakan, silakan masyarakat mengusulkan melalui dinas terkait berapa lahan yang akan dipergunakan untuk perkebunan, bisa saja diajukan kepada kementerian terkait dengan status lahan sebagai pinjam pakai.

Kesempat itu Bupati Bangka Tarmizi Saat yang didampingi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tony Marza, Kepala Dinas PU Jumani, Kepala Bagian Humas, PDE dan Santel Boy Yandra, Kepala Bagian Rumah Tangga dan Protokol M. Yunus dan Kasatl PP Rozalimenghadiri tahlillan dan doa tujuh hari meninggal dunia  salah seorang warga dusun Balau yang disertai dengan adat Nganggung.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNJUNGI KAMPUNG ARAB MANADO

BELINYU BAKAL MEMILIKI 4 KELURAHAN BARU